Tuesday, February 2, 2016

Mengenal Teknologi Cruise Control

Mengenal Teknologi Cruise Control - Kali ini Portal Otomotif akan mengulas artikel Otomotif terbaru berjudul Mengenal Teknologi Cruise Control yang dikutip dari Otosia.com. Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai artikel Mengenal Teknologi Cruise Control, anda bisa menyimak artikel kami tentang Mengenal Teknologi Cruise Control dibawah ini.
Mengenal Teknologi Cruise Control

Cruise Control mungkin belum banyak digunakan di Indonesia, namun teknologi ini cukup dikenal di negara luar seperti di Eropa dan Amerika Serikat.

Mobil saat ini memiliki berbagai fitur teknologi yang mampu membantu pengendara, salah satunya adalah teknologi Cruise Control. Fitur ini merupakan sebuah teknologi yang mengizinkan pengendaranya berkendara dengan kecepatan yang stabil tanpa harus menekan pedal gas dalam-dalam.

Salah satu benefit dari teknologi ini dapat dirasakan saat berada di jalan tol. Sering kali pengendara merasa letih karena terus menerus menekan pedal gas. Dengan Cruise Controlhal ini dapat teratasi dengan mudah karena mobil berjalan dalam kecepatan konstan yang diinginkan.



Pengendara cukup mengaktifkannya melalui sebuah tombol, namun sebelum itu pengendara hanya bisa mengaktifkannya di atas kecepatan 40 kilometer per jam. Selain itu, biasanya fitur ini akan mononaktifkan diri saat pengendara menginjak pedal rem.

Seiring perkembangan zaman, teknologi ini pun mengalami perbaikan bahkan penambahan fitur. Adalah Adaptive Cruise Control(ACC), teknologi Cruise Control yang mampu mengatur kecepatan secara otomatis dengan membaca halangan yang berada di depannya.



Teknologi ini menggunakan sensor untuk membaca lingkungan sekitar. Maksudnya saat ada mobil di depan mengurangi kecepatan, secara otomatis teknologi ini ikut mengurangi kecepatan kendaraan Anda. Begitu juga sebaliknya untuk menambah kecepatan. Tak hanya itu, ACC dapat melakukan pengereman secara otomatis jika diperlukan tanpa menunggu intervensi pengendara.

Meskipun memberikan benefit yang cukup besar, bukan berarti teknologi ini tak memiliki kekurangan. Cruise Controltidak dapat digunakan pada jalan yang berkelok-kelok atau penuh dengan tikungan tajam. Hal ini disebabkan karakteristik jalan seperti itu memerlukan pengereman dan kontrol pengendara untuk menghindari kecelakaan. Belum lagi, Cruise Control tidak akan berguna digunakan ketika pengendara melakukan pengereman karena akan mematikan fitur tersebut

Sekian berita Otomotif terbaru dari kami mengenai Mengenal Teknologi Cruise Control. Harapan kami artikel seputar Otomotif yang berjudul Mengenal Teknologi Cruise Control ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa terus kunjungi Portal Otomotif untuk mendapatkan berita seputar Otomotif setiap harinya.